Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended

Marina Utari, 170205069 (2023) Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended] Text (Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open Ended)
Marina Utari, 170205069, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open ended. Jenis penelitian yang digunakan adalah Nounequivalent Control Group Design, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Penelitian ini mengambil dua keals sebagai sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu VII¬¬1 sebagai kelas eksprimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan. Pada pertemuan pertama dan kedua peneliti memberikan soal pretest, pertemuan ketiga dan keempat peneliti melakukan pembelajaran dengan pendekatan open ended di kelas eksprimen dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, kelima dan keenam dilakukan postes di kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui apakah ada peningkatan berpikir kreatif matematis dengan pendekatan open ended pada pembelajaran matematika. Dengan menggunakan metode tes, peneliti melakukan pengumpulan data dengan teknik analisis data kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended dapat meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh siswa pada kelas kontrol dan eksprimen dengan rata-rata kelas kontrol 23,16 sedangkan kelas eksprimen 22,16. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (uji kesamaan dua rata-rata) dan taraf siginifikan a=0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh t_hitung=1,08 dan t_(tabel )=1,68 dengan dk = 58, sehingga didapat 1,08<1,68. Hal ini menunjukkan pendekatan open ended terdapat ada peningkatan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Marina Utari
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:57
Last Modified: 16 Nov 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33886

Actions (login required)

View Item
View Item