Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Di MAN 5 Aceh Utara

Ade Niar, 190207066 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Di MAN 5 Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Di MAN 5 Aceh Utara] Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Di MAN 5 Aceh Utara)
Ade Niar, 190207066, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Reproduksi mengakibatkan proses belajar lebih didominasi oleh guru dan kurangnya partisipasi siswa selama pembelajaran hal ini tentu akan mempengaruhi motivasi belajar siswa dan rendahnya motivasi siswa berdampak kepada hasil belajar siswa. Penelitian mengenai penerapan model pembelajaran TGT (Teams-Games-Tournament) bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams-Games-Tournament) dan mengidentifikasi hasil belajar siswa kelas XI MAN 5 Aceh Utara pada materi Sistem Reproduksi melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams-Games-Tournament). Metode penelitian yang digunakan ialah pre-experimen. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan soal tes dan motivasi siswa menggunakan lembar angket. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan rumus N-Gain sedangkan analisis motivasi belajar siswa menggunakan Skala Likert. Rata-rata persentase motivasi belajar siswa ialah 80,44%, termasuk kategori sangat baik. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament terhadap hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada hipotesis uji-t. Pertemuan pertama didapatkan nilai thitung 3,879 dengan nilai ttabel 1,746. Hasil belajar pada pertemuan kedua didapatkan nilai thitung 3,746 dengan nilai ttabel 1,746 dan hasil belajar pada pertemuan ketiga didapatkan nilai thitung 3,90 dengan nilai ttabel 1,746. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, jadi Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Ade Niar Ade
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:12
Last Modified: 20 Nov 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33890

Actions (login required)

View Item
View Item