Pengembangan Modul Ajar Matematika untuk Memperkuat Literasi Statistika Siswa SMA

Humaira, 190205087 (2023) Pengembangan Modul Ajar Matematika untuk Memperkuat Literasi Statistika Siswa SMA. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Ajar, Literasi Statistika] Text (Pengembangan Modul Ajar, Literasi Statistika)
Humaira, 190205087, FTK, PM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Modul ajar matematika adalah salah satu perangkat ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi di sekolah bahwa belum tersedia modul ajar matematika untuk memperkuat literasi statistika siswa. Guru belum mengembangkan modul ajar dan masih menggunakan modul ajar yang berasal dari internet. Oleh sebab itu peneliti ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melakukan pengembangan modul ajar yang mampu menunjang proses pembelajaran dan mampu memperkuat literasi statistika siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar matematika untuk memperkuat literasi statistika siswa SMA yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah- langkah pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, lembar validasi guru dan lembar uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria kevaliditasan, hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai rata-rata total dengan kriteria sangat valid. Selain itu, kepraktisan modul memenuhi kriteria praktis, hal ini diperoleh dari penilaian hasil analisis lembar validasi guru menunjukkan dari segi isi modul diperoleh persentase 92,2% dengan kriteria sangat praktis dan dari segi tampilan diperoleh persentase 83%. Selain itu, kriteria kepraktisan juga diperoleh dari hasil analisis uji keterbacaan siswa terhadap modul ajar dengan memperoleh persentase 77% dengan kriteria praktis. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Humaira Humaira
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:37
Last Modified: 17 Nov 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33892

Actions (login required)

View Item
View Item