Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP

Miftahul Jannah, 190205001 (2023) Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan  Level Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP] Text (Pengembangan E-Modul Untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Siswa SMP)
Miftahul Jannah, 190205001, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran geometri tidak terlepas dari fase pembelajaran geometri yang berlandaskan pada teori Van Hiele untuk meningkatkan level berpikir geometri siswa. Guru harus berperan ganda agar siswa mampu memahami materi bangun datar sesuai dengan tingkatan level berpikir masing-masing siswa. Oleh sebab itu, untuk menghemat waktu dalam mengajar sesuai dengan tingkatan masing-masing siswa, peneliti ingin memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan melakukan pengembangan e-modul yang mampu menunjang proses pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometri berdasarkan teori Van Hiele yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti langkah-langkah pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, validasi media, lembar validasi guru dan lembar uji keterbacaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai rata-rata total dengan kriteria sangat valid. Selain itu, kepraktisan modul memenuhi kriteria sangat praktis, hal ini diperoleh dari penilaian hasil analisis lembar validasi guru menunjukkan hasil perhitungan kepraktisan oleh guru diperoleh persentase kepraktisan bernilai positif sebesar 90,5 dari segi materi, 91,4 dari segi kesesuaian materi dengan teori Van Hiele, dan 91 dari segi media. Kriteria tingkat kepraktisan e-modul dari guru tergolong sangat praktis untuk digunakan pada tahap selanjutnya. Sedangkan persentase keterbacaan oleh siswa diperoleh 86%. kriteria keterbacaan yang diisi oleh siswa terdiri dari aspek ketertarikan, materi, dan bahasa. Dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:40
Last Modified: 17 Nov 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33893

Actions (login required)

View Item
View Item