Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Usaha dan Energi

Raudatol Jannah, 190204071 (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Usaha dan Energi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Usaha dan Energi] Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Think Pair Share (TPS) pada Materi Usaha dan Energi)
1 SKRIPSI RAUDATOL JANNAH 190204071 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMA Islam Madrasatul Qur’an ditemukan bahwa media yang digunakan pada saat proses kegiatan pembelajaran berupa buku paket saja, sehingga peserta didik kurang semangat dan pasif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dari masalah tersebut peneliti tertarik melaksanakan penelitian pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis Think Pair Share (TPS) tingkat SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui tingkat kelayakan terhadap modul pembelajaran fisika berbasis Think Pair Share (TPS) pada materi usaha dan energi tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki beberapa tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi serta lembar angket. Hasil penelitian diperoleh dari validasi ahli media sebesar 97,7% dan ahli materi 96,6% dengan kriteria sangat layak. Respon peserta didik terhadap modul berbasis TPS memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa, modul pembelajaran fisika berbasis Think pair Share pada materi usaha dan energi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Raudatol Jannah Rauda
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:52
Last Modified: 17 Nov 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33894

Actions (login required)

View Item
View Item