Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Islam Pada Anak Usia (7-12 Tahun) di Gampong Lam Ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar

Mauliza, 190201124 (2023) Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Islam Pada Anak Usia (7-12 Tahun) di Gampong Lam Ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Islam Pada AnakUsia (7-12 Tahun) di Gampong Lam Ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar] Text (Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Islam Pada AnakUsia (7-12 Tahun) di Gampong Lam Ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar)
SKRIPSI MAULIZA (Real sudah di plagyat).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Peran keluarga sangat penting dalam membimbing anak. Terutama bimbingan yang yang lebih intensif pada anak usia berkembang yang sedang belajar di SD. Oleh sebab itu bimbingan, dan pengawasan orang tua sangatlah penting untuk memperoleh perkembangan yang optimal dalam mencapai tujuan pendidikan yang diharapkannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Peran orang tua terhadap Pendidikan Agama Islam pada anak usia (7-12 tahun) di Gampong Lam ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar, (2) Kendala yang dihadapi orang tua dalam memberikan Pendidikan Islam pada anak usia (7-12 tahun) di Gampong Lam ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar, (3) Faktor keberhasilan orang tua dalam Pendidikan Islam pada anak usia (7-12 tahun) di Gampong Lam ilie Teungoh Indrapuri Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi orang tua, dan faktor keberhasilannya dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah orang tua berperan terhadap pendidikan Islam pada anak sebagai tanggung jawabnya, Kendala tidak terlaksananya pendidikan agama Islam adalah kurangnya pemahaman ilmu agama dari orang tua, kesibukan orang tua dengan pekerjaannya, dan kemalasan pada anak. Adapun faktor keberhasilan orang tua adalah mampu mengajak anak mengikuti kegiatan keagamaan dan mengantarkan anak ke TPQ, faktor keberhasilan dalam lingkungan lembaga pendidikan yaitu dipengaruhi oleh karakter siswa dan sarana prasarana yang ada disekolah, dan faktor keberhasilan dalam lingkungan masyarakat adalah masyarakat berperan aktif dalam mendidik anak-anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauliza Mauliza
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:52
Last Modified: 17 Nov 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item
View Item