Kepercayaan Masyarakat Di Zaman Modern Terhadap Tradisi Merajah (Studi di Kampung Kala Pegasing, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah)

Andri Nur Syahputra, 160305026 (2023) Kepercayaan Masyarakat Di Zaman Modern Terhadap Tradisi Merajah (Studi di Kampung Kala Pegasing, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kepercayaan, Masyarakat Modern, Merajah, fenomenologi] Text (Kepercayaan, Masyarakat Modern, Merajah, fenomenologi)
Andri Nur Syahputra, 160305026, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Di tengah zaman modern ini masyarakat di Aceh Tengah masih mengikuti tradisi merajah. Metode penyembuhan penyakit secara tradisional digunakan oleh masyarakat Kampung Kala Pegasing, pada umumnya dilakukan dengan menggunaan mantra. Mantra yang dibaca perpaduan antara bahasa Gayo dan bahasa Arab.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui praktek dalam pelaksanaan tradisi Merajah di Kampung Kala Pegasing, dan untuk Mengetahui kepercayaan serta tanggapan masyarakat Kampung Kala Pegasing terhadap tradisi Merajah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Reje Kampung, Dukun merajah, pasien, tokoh agama, dan masyarakat Kala Pegasing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengobatan Merajah memang sangat diminati oleh masyarakat dibandingkan dengan pengobatan ke klinik kesehatan atau moderen. Pada umumnya alasan masyarakat memilih pengobatan tradisional dibandingkan pengobatan modern ini disebabkan beberapa faktor yaitu faktor keuangan, hubungan sosial masyarakat, pendidikan, obat-obatan yang mudah ditemukan, banyaknya orang yang sembuh dengan cara di Rajah dan tenaga kesehatan yang juga berobat secara tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Andri Nur Syahputra Andri
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:49
Last Modified: 21 Nov 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33917

Actions (login required)

View Item
View Item