Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 2 Banda Aceh

Nurul Anjalna, 160211074 (2023) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X] Text (Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X)
Nurul Anjalna, 160211074, FTK, PTE, 082295970807.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa di SMK Negeri 2 Banda Aceh khususnya pada pelajaran dasar listrik dan elektronika pada kelas X saat ini guru menerapkan metode yang kurang inovatif (monoton). Cara mengajar masih di dominasi dengan penerapan metode konvensional yaitu metode ceramah sehingga murid cenderung cepat merasa bosan dalam proses belajar mengajar, sehingga hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas X banyak yang kurang sesuai atau memuaskan, karena pada pelajaran dasar listrik dan elektronika dibutuhkan metode yang bervariasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode resitasi adalah sebuah metode dimana peserta didik diberi tugas untuk menyelesaikan tugas yang ada dengan cara belajar (mencari informasi, membaca, menghafal dan menganalisis) baik di sekolah maupun diluar sekolah. Kelebihan dari metode resitasi dengan metode yang lain adalah dapat menjadikan peserta didik untuk memiliki rasa tanggung jawab, karena setiap tugas yang diberikan peserta dituntut bertanggung jawab bukan hanya sekedar untuk dikerjakan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas X TL (Teknik Elektronika) di SMKN 2 Banda Aceh dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket kuisioner dan tes. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat di peroleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pelajaran dasar listrik dan elektonika di SMK Negeri Banda Aceh dilakukan uji hipotesis diketahui bahwa yang menyatakan metode resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran dasar listrik dan elektonika di SMKN 2 Banda Aceh dapat diterima dan terbukti benar secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Nurul Anjalna Nurul
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:28
Last Modified: 22 Nov 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33931

Actions (login required)

View Item
View Item