Analisis Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 1 Sawang

Nina Bestari, 160204063 (2021) Analisis Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 1 Sawang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan Guru, Pendekatan Saintifik.] Text (Kemampuan Guru, Pendekatan Saintifik.)
Nina Bestari, 160204063, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurang siapnya peserta didik dalam menghadapi pembejaran membuat hasil belajar juga kurang maksimal. Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran tergantung kepada kesiapan pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Proses merencanakan dan melaksanakan pembelajaran harus sesuai dengan acuan tertentu, seperti halnya pendekatan saintifik. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan langkah pendekatan saintitik, adapun langkah pendekatan saintifik adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan dan mengolah informasi yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan guru fisika dalam merencanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Sawang, (2) untuk mengetahui kemampuan guru fisika dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Sawang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 2 orang Guru mata pelajaran fisika, kepala sekolah dan 6 orang peserta didik di SMA Negeri 1 Sawang. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan Guru I dalam merencanakan pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sawang dikategorikan baik dan kemampuan Guru II dalam merencanakan pembelajaran dikategorikan kurang baik. Kemampuan Guru I dalam melaksanakan pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Sawang dikategorikan baik sekali dan kemampuan Guru II dalam melaksanakan pembelajaran dikategorikan kurang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nina Bestari Nina
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:28
Last Modified: 22 Nov 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33932

Actions (login required)

View Item
View Item