Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di MIN 32 Aceh Besar

Khairatun Magvirah, 190209137 (2023) Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di MIN 32 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan] Text (Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Tangan)
Khairatun Maghvirah, 190209137, FTK, PGMI, 082167009183 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berbicara merupakan kemampuan dalam mengucapkan kata-kata untuk menyampaikan gagasan, pikiran, serta mengekpresikan perasaan kepada orang lain. Kemampuan berbicara menjadi peranan penting untuk dipelajari dengan seksama, karena kemampuan berbicara itu perlu mendapatkan perhatian agar siswa mampu berkomunikasi untuk menyampaikan keinginannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia melalui penerapan metode role playing berbantuan media boneka tangan siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunan deskriptif persentase. Hasil penelitian melalui penerapan metode role playing berbantuan media boneka tangan siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,26%, pada siklus II menjadi 86,95%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 96,73%. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 65,21%, pada siklus II menjadi 80,43%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 95,65%. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa padapra tindakan yaitu, 42,10%, pada siklus I sebesar 47,36%, pada siklus II menjadi 68,42%, dan pada siklus III meningkat menjadi 84,21%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing berbantuan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairatul Magvirah Vira
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:31
Last Modified: 23 Nov 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item
View Item