Penerapan Model Pembelajaran Example non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V MIN 19 Aceh Selatan

M. Maulidun, 160209014 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Example non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V MIN 19 Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Example non Example] Text (Penerapan Model Pembelajaran Example non Example)
M. Maulidun, 160209014, FTK, PGMI, 085357625644.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sistem pembelajaran yang diterapkan cenderung bersifat konvensional, pembelajaran masih terlihat belum mengunakan model pembelajaran yang menarik di kelas, proses belajar mengajar di kelas terlihat berlangsung satu arah yaitu lebih didominasi oleh guru, sedangkan siswa terlihat hanya mendengar dan mencatat pelajaran yang diberikan oleh guru.Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, satu diantaranya adalah kurangnya penerapan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar berlangsung, mengatasi permasalahan tersebut dapat dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa serta bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran example non example di kelas V MIN 19 aaceh Selatan. Adapun tujuan penelititian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa serta bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran example non example di kelas V MIN 19 Aceh Selatan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahapan yaitu, tahapan perencanaan (planning), tahapan pelaksaan (Acting), tahapan pengamatan (observation), dan tahapan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan adalah, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 19 Aceh Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai aktifitas guru pada siklus I sebesar 79, 54%, sedangkan siklus II sebesar 87%. Adapun nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,19%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan mengunakan model pembelajaran example non example mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 19 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Maulidun Maulidun
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:42
Last Modified: 23 Nov 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33943

Actions (login required)

View Item
View Item