Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Teupah Selatan.

Deka Putri Nanda, 150208099 (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Teupah Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Hidrokarbon.] Text (Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Hidrokarbon.)
Deka Putri Nanda, 150208099, FTK, PKM, 082274784537.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM dengan nilai yaitu 68 dan siswa kurang aktif dalam preses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa setelah menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre eksperimental design dengan one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA SMA Negeri 1 Teupah Selatan yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes dan lembar angket. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji Normalitas dan uji Korelasi Product Moment dan analisis data hasil respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil analisis uji t diperoleh thitung ttabel yaitu 17,847 12,086, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil persentase respon siswa yang diperoleh adalah 76,13% dengan kategori positif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Deka Putri Nanda
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:53
Last Modified: 23 Nov 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item
View Item