Gambaran Self Compassion Pada Remaja Broken Home Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Dinatul Afifah, 190402038 (2023) Gambaran Self Compassion Pada Remaja Broken Home Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Gambaran Self Compassion Pada Remaja Broken Home] Text (Gambaran Self Compassion Pada Remaja Broken Home)
dina (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terdapat di kecamatan Indrapuri, kabupaten Aceh Besar, bahwa terdapat beberapa remaja dengan latar belakang keluarga broken home yang memiliki kondisi menjadi lebih pendiam, kurang percaya diri, menyalahkan diri sendiri dan merasa tidak seberuntung anak-anak yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self compassion pada remaja broken home di kecamatan Indrapuri kabupaten Aceh Besar, serta mengetahui kebutuhan remaja terhadap konseling. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini ialah 5 orang remaja broken home yang berumur 15-21 tahun yang berdomisili di kecamatan Indrapuri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remaja broken home di Indrapuri rata-rata memiliki self compassion yang tinggi, ditandai dengan mampu menerima dengan baik perceraian orang tuanya dan memandang diri positif dan mampu memahami dengan baik kondisi keluarga yang harus berpisah. Remaja juga mengaku sangat membutuhkan layanan konseling pada saat menghadapi masalah, remaja membutuhkan tenaga konselor untuk berbagi cerita atau curhatannya, juga mencari solusi dalam menghadapi masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Dinatul Afifah Dina
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:30
Last Modified: 23 Nov 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33946

Actions (login required)

View Item
View Item