Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di MAN 4 Aceh Besar

Fauzan Alifya, 190201065 (2023) Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di MAN 4 Aceh Besar] Text (Kompetensi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di MAN 4 Aceh Besar)
Fauzan Alifya, 190201065, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sebagai seorang pendidik, guru memiliki tugas, peranan dan tanggung jawab yang tidak dapat diabaikan. Guru harus memiliki kompetensi serta selalu berupaya mewujudkan proses pembelajaran yang baik dan efisien yang mana untuk mewujudkannya diperlukan persiapan dan perencanaan yang baik pula, namun kenyataannya di saat sekarang ini masih ada guru yang tidak mempersiapkan perencanaan pembelajarannya sebelum memasuki kelas. Pertanyaan penelitian, Bagaimana kompetensi guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar? Apa saja pendukung dan penghambat guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun RPP di MAN 4 Aceh Besar? dan bagaimana langkah-langkah guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun RPP di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di MAN 4 Aceh Besar bisa dinyatakan sudah baik dan berkompeten dikarenakan guru al-Qur’an Hadits di sana memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai RPP dan dalam penyusunannya serta juga dapat dilihat dari kelengkapan komponen-komponen rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru al-Qur’an Hadits. Adapun pendukung guru dalam menyusun RPP ialah dengan adanya pelaksanaan bimbingan teknologi yang membimbing guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran sedangkan yang menjadi penghambat ialah ketika adanya kegiatan-kegiatan yang pelaksanaannya melibatkan siswa sehingga guru sulit mengatur bagaimana jam pertemuan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kurikulum. Kemudian langkah-langkah guru al-Qur’an Hadits dalam menyusun RPP sama seperti penyusunan pada umumnya dan sebagai langkah awal guru terlebih dahulu menyiapkan berbagai perangkat-perangkat pembelajaran lainnya yang juga sangat berkaitan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran seperti kalender akademik, minggu efektif, prota dan prosem dan juga silabus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fauzan Alifya
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:57
Last Modified: 24 Nov 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33948

Actions (login required)

View Item
View Item