Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlakuk Karimah Siswa Kelas IX MTsN 2 Aceh Besar

Reza Irawan Syah Putra, 160201172 (2023) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlakuk Karimah Siswa Kelas IX MTsN 2 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Guru Aqidah Akhlak, Pembentukan Akhlak Siswa] Text (Peran Guru Aqidah Akhlak, Pembentukan Akhlak Siswa)
Reza Irawan Syahputra, 160201172, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan akhlak pada manusia dimulai sejak dini yang dilakukan dalam pendidikan informal yaitu dari keluarga. Baik buruknya akhlak anak tidak terlepas dari pengaruh pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal, disamping adanya ke ikut sertaan keluarga dan masyarakat untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada yang lebih baik. Pembentukan akhlak juga dilakukan di pendidikan formal, hal ini menjadi tujuan terbentuknya generasi bangsa yang taat beragama, tak terkecuali pembentukan akhlak yang terjadi di MTsN 2 Besar. Adapun yang menjadi pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah: (1) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di MTsN 2 Aceh Besar?, (2) Kendala apa saja yang dihadapi Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa MTsN 2 Aceh Besar?. Penulis melakukan penelitian dengan cara terjun ke lapangan (Field Research) yaitu di MTsN 2 Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Kemudian data yang didapat di lapangan diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Data yang didapat di lapangan adalah data dari hasil wawancara, observasi, dan dokomentasi di lapangan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Peran yang dilakukan Guru Aqidah Akhlak dalam pembentukan akhlak siswa yaitu guru melakukan bimbingan agama dan pembiasaan kepada siswa MTsN 2 Aceh Besar, akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap lingkungan. Peranan Guru Aqidah Akhlak di MTsN 2 Aceh Besar yaitu sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Bentuk bimbingan secara langsung Guru Aqidah Akhlak di MTsN 2 Aceh Besar yaitu; guru membimbing jalannya doa pada awal pelajaran, membimbing kegiatan ekstra keagamaan seperti shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah. Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai penasehat di MTsN 2 Aceh Besar yaitu dengan memberikan nasehat dan solusi baik pada siswa secara umum maupun siswa yang mempunyai masalah. Dalam pembentukan akhlak siswa, guru mendapat beberapa kendala, diantaranya : kurangnya perhatian dari orang tua, kurangnya kesadaran siswa untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan, pengaruh pergaulan, pengaruh teknologi, dan kurang kerjasama guru mata pelajaran lain dengan Guru Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Irawan Syahputra
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:52
Last Modified: 24 Nov 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33949

Actions (login required)

View Item
View Item