Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di kelas VII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh

Rizki Wiranda Noviansyah, 190201174 (2023) Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di kelas VII MTsN 4 Rukoh Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Peningkatan Hasil Belajar] Text (Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Peningkatan Hasil Belajar)
skripsi revisi ASLIIII - Copy - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran dinilai sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran yang tepat menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efesien. Model pembelajaran snowball throwing merupakan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik aktif didalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari model belajar Snowball Throwing pada mata pelajaran SKI dikelas VII Mtsn 4 Rukoh Banda Aceh sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pre test (hasil belajar awal peserta didik) treatment (perlakuan), dan pos test ( hasil belajar akhir peserta didik). Adapun nilai yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Pada tahap awal pre test sebelum peserta didik diberikan perlakuan model belajar Snowball throwing rata rata nilai peserta didik sebesar 64,06 dengan tingkat keberhasilan belajar sebesar 15,6% dengan kategori tidak baik yang berada pada interval 0 - 20%. Pada tahap treatment (perlakuan) ini memberikan model Snowball Throwing kepada peserta didik dikelas. Pada tahap akhir pos test,sesudah peserta didik diberikan perlakuan didapat nilai rata-rata peserta didik sebesar 76.87 dengat tingkat keberhasilan belajar peserta didik sebesar 65% dengan kategori baik yang berada pada interval 61-80%. Adapun selisih peningkatan dari rata-rata nilai peserta didik yang terjadi antara pre test dan pos test sebesar 49,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Snowball Throwing pada mata pelajaran SKI dikelasVII dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Wiranda Noviansyah Rizki
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:13
Last Modified: 24 Nov 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33952

Actions (login required)

View Item
View Item