Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Nilai Religiusitas Pada Proses Pembelajaran di SMP N 8 Banda Aceh

Herna Marliza, 190201043 (2023) Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Nilai Religiusitas Pada Proses Pembelajaran di SMP N 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Usaha Guru Pendidikan Agama Islam] Text (Usaha Guru Pendidikan Agama Islam)
SKRIPSI FULL HERNA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penerapan nilai religiusitas adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam sebuah lembaga pendidikan. Sebagai seorang guru sangat diperlukan dalam mengembangkan pengetahuan, kecerdasan, maupun keterampilan siswa. Maka dari itu berbagai metode belajar mengajar dilakukan oleh guru agar nilai-nilai keagamaan dapat teraplikasikan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan kendala yang dialami guru dalam menerapkan nilai religiusitas pada proses pembelajaran di SMP N 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membentuk siswa yang berakhlak mulia dan bernilai religi, guru harus menjadi peran utama dalam membimbing proses penanaman nilai-nilai religiusitas ke dalam diri siswa, menjadi fasilitator dan teladan yang baik bagi siswa dan pelatih juga pendidik sehingga nilai tersebut dapat diterapkan oleh siswa dalam kehidupannya. Dengan demikian hasil penelitian menyatakan bahwa usaha guru PAI yaitu melalui usaha keteladanan, melalui usaha pembiasaan, melalui usaha pemberian nasehat, melalui usaha kedisiplinan. Adapun nilai religiusitas yang diterapkan yaitu nilai cinta damai, sikap toleransi, kerjasama, teguh pendirian, percaya diri, bersikap baik sopan dan santun, ketulusan, mencintai lingkungan, dan saling menjaga. Beberapa kendala yang terjadi saat menerapkan nilai reiligiusitas kepada siswa oleh guru PAI SMP N 8 Banda Aceh yaitu kendala dalam mengatasi perbedaan karakteristik yang dimiliki siswa dan waktu pembelajaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Herna Marliza Herna
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:12
Last Modified: 24 Nov 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33954

Actions (login required)

View Item
View Item