Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Sayur Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.)

Zikra Maulida, 180703084 (2023) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Sayur Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Limbah  Sayur Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)] Text (Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Limbah Sayur Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium ascalonicum L.))
skripsi zikra maulida (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair (POC) limbah sayur terhadap pertumbuhan dan produksi Bawang merah (Allium ascalonicum L.) dan mengetahui konsentrasi pupuk organik cair (POC) limbah sayur yang efektif terhadap pertumbuhan dan produksi Bawang merah (Allium ascalonicum L.). Jenis penelitian yaitu eksperimental dengan mengunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Dengan perlakuan konsentrasi POC terdiri terdiri dari 5 perlakuan dan setiap perlakuan diulangi sebanyak 5 kali ulangan, yaitu NPK atau kontrol (PO), POC 30% dan70% air (P1), POC 35% dan 65% air (P2), POC 40% dan 60 % air (P3), POC 45% dan 55% air (P4). Analisis data mengunakan SPSS versi 25 dengan motode ANOVA. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pupuk organik cair limbah sayur berpengaruh terhadap panjang daun bawang merah, namun tidak memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah helaian daun, berat basah umbi dan jumlah umbi bawang merah karena nilai sig lebih dari 0.05. Konsentrasi yang paling efektif terhadap panjang daun adalah P1 (300 ml) yang memiliki nilai paling tinggi yaitu 50.000 ketika dilakukan uji lanjut duncan/DMRT taraf 5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Zikra Maulida Zikra
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:15
Last Modified: 27 Nov 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item
View Item