Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Kastolan di SMA/MA

Afriza, 190205071 (2023) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Kastolan di SMA/MA. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kesalahan, Teori Kastolan] Text (Analisis Kesalahan, Teori Kastolan)
Afriza, 190205071, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika salah satu materi yang banyak terjadi kesalahan adalah materi trigonometri karena banyak menggunakan konsep yang tidak nyata dan banyaknya rumus. Analisis kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan menurut Teori Kastolan yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan Teori Kastolan di SMA/MA serta mencari solusi dari kesalahan-kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang dilihat berdasarkan kemampuan siswa yang berada pada ketegori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual dilakukan sebesar 52% yang disebabkan karena tidak memahami penggunaan rumus dengan benar serta kurangnya aplikasi rumus ke dalam berbagai macam soal, kesalahan prosedural dilakukan sebesar 69% yang disebabkan siswa tidak menguasai operasi-operasi aljabar dalam matematika dan kesalahan teknik dilakukan sebesar 28% yang disebabkan kurangnya ketelitian dari siswa dalam menyelesaikan soal matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Afriza Afriza
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:34
Last Modified: 29 Nov 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33972

Actions (login required)

View Item
View Item