Peran Pengajar Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya

Tia Bidari, 180201087 (2023) Peran Pengajar Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Pengajar Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya] Text (Peran Pengajar Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya)
Tia Bidari, 180201087, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pengajar memiliki satu kesatuan peran dan fungsi yang tak terpisahkan, antara kemampuan mendidik, membimbing, mengajar dan melatih. Yang menjadi pertanyaan penelitian dalam tulisan ini yaitu bagaimana peran pengajar dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya, apa saja faktor pendukung dan penghambat para pengajar dalam membina kamampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Berdasarkan data lapangan maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Peran ustadz/ustadzah dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitush Shalihin Neupet, dengan menggunakan metode latihan hafalan surat pendek, tartil dan juga iqra’. Selain itu juga adanya pendekatan dan tugas belajar tambahan yang diberikan oleh ustadz/ustadzah terhadap santri, selain itu proses pembinaan dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang disenangi oleh kalangan santri seperti bentuk memotivasi dan mengajak santri sekalian melatih untuk membaca Al-Qur’an dengan belajar menyambung ayat. Kedua, salah satu faktor pendukung yaitu melalui kebijakan yang telah ditetapkan salah satunya yaitu ustadz/ustadzah membagikan kartu setoran santri untuk mengetahui proses belajar membaca Al-Qur’an, serta adanya motivasi ustadz/ustadzah yang giat dalam menghadapi santri dalam belajar membaca Al-Qur’an, kemudian adanya dukungan dari orang tua santri, serta minat belajar santri yang semangat dan mau belajar, sehingga ustadz/ustadzah tidak mengalami kendala lain selama proses pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an, sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu terdapat faktor penghambat dari santri itu sendiri yaitu terdapat santri yang kurang minat belajar serta lambat menangkap apa yang diajarkan, serta adanya santri yang kurang percaya diri terhadap apa yang ingin dia lakukan sehingga memilih diam saja ketika proses belajar. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa peran ustadz/ustadzah dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Baitush Shalihin Neupet Nagan Raya berperan dengan baik sehingga semangat belajar santri menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tia Bidari
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:39
Last Modified: 29 Nov 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33977

Actions (login required)

View Item
View Item