Respon Sosial dan Agama Terhadap Covid-19 (Studi Kasus Gampong Baru Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya)

Mawardi.S, 170305099 (2022) Respon Sosial dan Agama Terhadap Covid-19 (Studi Kasus Gampong Baru Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sosial, Agama Dan Covid 19] Text (Sosial, Agama Dan Covid 19)
Mawardi. S, 170305099, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian studi lapangan, pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi di Gampong Baru Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon sosial masyarakat gampong Baru sejauh yang penulis lakuakn penelitian masyrakat masih terjadi pro dan kontra adanya covid 19, namun meskipun demikian pemerintah Gamong terus mengupayakan untuk melakukan pencegahan agar covid 19 tidak tertular kapada warganya, adapun upaya yang dilakukan yakni mematuhi protokol kesehatan, berzikir bersama dan memanjatkan doa kepada Allah supaya di jauhkan dan cepat berakhir covid 19 di Aceh. Adapun respon agama adalah adanya covid 19 tidak berdampak dan mengganggu aktifitas keagamaan, pengelolaan tempat ibadah juga berjalan dengan biasa dan semestinya, masyrakatpun masih tetap melakukan aktifitas keagamaan seperti biasa. Bahkan dengan adanya covid 19 membuat masyarakat lebih meningkatkan diri untuk beribadah, masyarakat Gampong baru meduyun-duyun mendatangi masjid di wilahnya untuk melakukan ibadah. Selain itu, adanya covid menambah aktifitas masyarakat dalam melakukan ibadah, seperti zikir berkeliling kampung serta memanjatkan doa untuk di jauhkan dari covid, aktifitas ini dilakukan oleh semua masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Mawardi.S Mawardi
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:05
Last Modified: 01 Dec 2023 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33979

Actions (login required)

View Item
View Item