Pengaruh Pembiayaan Produk Ar-Rahn terhadap Tingkat Kemaslahatan Nasabah di PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa

Muhammad Maulana Arif, 190602017 (2023) Pengaruh Pembiayaan Produk Ar-Rahn terhadap Tingkat Kemaslahatan Nasabah di PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembiayaan, Ar-Rahn, Kemaslahatan, Maqashid Syariah.] Text (Pembiayaan, Ar-Rahn, Kemaslahatan, Maqashid Syariah.)
Muhammad Maulana Arif, 190602017, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pembiayaan ar-rahn merupakan suatu bentuk pembiayaan yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah dalam Islam. Pembiayaan Ar-Rahn melibatkan pemberian barang berharga sebagai jaminan untuk memperoleh dana pinjaman atau pembiayaan dari lembaga keuangan yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Pembiayaan Ar-Rahn merupakan aspek yang harus diperhatikan faktor kemaslahatannya, hal tersebut karena Kemaslahatan merupakan tujuan utama dari tiap produk ekonomi syariah yang hadir di kalangan masyarakat. Akan tetapi berdasarkan observasi awal, masih ada beberapa nasabah yang belum merasakan kemaslahatan tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan ar-rahn terhadap tingkat kemaslahatan nasabah PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan metode kuantitatif, yaitu menyebar kuisioner kepada 86 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam uji t (parsial) bahwa pembiayaan ar-rahn mempunyai pengaruh yang signifikan, karena nilai t hitung > t tabel (13,527 > 1,988) dengan signifikan 0,000 nilai < 0,05. Hal ini berarti variabel pembiayaan ar-rahn mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kemaslahatan nasabah di PT. Pegadaian Syariah Cabang Langsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Maulana Arif Arif
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:06
Last Modified: 01 Dec 2023 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item
View Item