Analisis Praktik Sewa Menyewa Pohon Durian di Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Fakhrul Razi, 190602070 (2023) Analisis Praktik Sewa Menyewa Pohon Durian di Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sewa Menyewa, Akad Ijarah, Prinsip Ekonomi Islam] Text (Sewa Menyewa, Akad Ijarah, Prinsip Ekonomi Islam)
Fakhrul Razi, 190602070, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sewa menyewa merupakan salah satu bentuk kegiatan muamalah yang sering dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia dapat melakukan berbagai macam transaksi akad, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan akad ijarah (sewa menyewa). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik sewa-menyewa pohon durian di Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa praktik sewa menyewa pohon durian di Desa Muka Blang Kecamatan Kuala Batee Kabupaten Aceh Barat Daya, jika dilihat dari prinsip-prinsip ekonomi Islam yaitu prinsip keseimbangan, kejujuran dan kebenaran, serta tanggungjawab sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Namun, jika dilihat dari sudut pandang prinsip keadilan, maka hal ini tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fakhrul Razi Razi
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:06
Last Modified: 01 Dec 2023 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33981

Actions (login required)

View Item
View Item