Pengaruh Penggunaan Modernisasi Alat Pertanian Dan Pemahaman Teknologi Terhadap Pendapatan Buruh Tani Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Keunaloi Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar

Nashyban Mafruza, 190602085 (2023) Pengaruh Penggunaan Modernisasi Alat Pertanian Dan Pemahaman Teknologi Terhadap Pendapatan Buruh Tani Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Keunaloi Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Modernisasi Alat Pertanian, Pemahaman Teknologi, Pendapatan, Buruh Tani] Text (Modernisasi Alat Pertanian, Pemahaman Teknologi, Pendapatan, Buruh Tani)
Nashyban Mafruza, 190602085, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Hadirnya teknologi pertanian menimbulkan dampak negatif bagi buruh tani dikarenakan teknologi tersebut dapat menggantikan pekerjaan para buruh tani yang mana hal itu dapat mempengaruhi pendapatan buruh tani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan modernisasi alat pertanian dan pemahaman teknologi terhadap pendapatan buruh tani dalam perspektif ekonomi Islam secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan dengan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner yang diberikan kepada 30 responden. Adapun analisis data yang digunakan yaitu menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara variabel modernisasi alat pertanian terhadap pendapatan buruh tani Desa Keunaloi Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dengan perolehan nilai t-hitung sebesar -2,726 dan t-tabel 2,501 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Dan juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemahaman teknologi dengan pendapatan buruh tani Desa Keunaloi Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar dengan perolehan nilai t-hitung sebesar 2,575 dan t-tabel 2,501 dan nilai signifikansi yang dihasilkan 0,016 lebih kecil dari 0,05. Secara simultan atau bersama-sama modernisasi alat pertanian dan pemahaman teknologi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan buruh tani karena fhitung > ftabel 5,527 > 4,21 dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nashyban Mafruza Nashyban
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:10
Last Modified: 01 Dec 2023 02:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33982

Actions (login required)

View Item
View Item