Media Pembelajaran Daring Al-Qur’an Hadist Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh

Faizil Moviza, 150201073 (2023) Media Pembelajaran Daring Al-Qur’an Hadist Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Media Pembelajaran Daring Al-Qur’an Hadist Pada Masa  Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh] Text (Media Pembelajaran Daring Al-Qur’an Hadist Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh)
Faizil Moviza, 150201073, FTK, PAI, 082367091561.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran daring (online) dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah pembelajaran dalam jaringan. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik yang pembelajarannya tidak dilakukan secara bertatap muka atau secara langsung. Tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar-mengajar yang dilakukan secara jarak jauh. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk dapat mengetahui bagaimana cara guru mengimplementasikan media pembelajaran daring Al-Qur’an Hadist pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh. 2) Untuk dapat mengetahui apa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran daring Al-Qur’an Hadist pada masa pandemic Covid-19 di MTsN 2 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penyajian data dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan, 1) Implementasi media pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTsN 2 Banda Aceh yaitu mempersiapan media dalam perencanaan pembelajaran pada masa pandemi covid-19, menggunakan media virtual sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19, menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran. 2) kelebihan dan kekurang media pembelajan daring, kelebihan seperti dapat diakses dengan mudah, efisien terhadap waktu dan tempat, dan lebih fleksibel. Sedangkan dalam segi kekurangan seperti terbatasnya sinyal dan biaya internet, pengawasan belajar yang kurang maksimal, pemahaman siswa masih kurang maksimal, pengumpulan tugas tidak tepat pada waktunya, dan kurang aktif siswa saat belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid- 19
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizil Moviza
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:05
Last Modified: 01 Dec 2023 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33984

Actions (login required)

View Item
View Item