Identifikasi Masalah Anak Di Panti Asuhan Aneuk Nanggroe Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen

Lutviatul Riza, 170402124 (2023) Identifikasi Masalah Anak Di Panti Asuhan Aneuk Nanggroe Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Masalah Anak Di Panti Asuhan Aneuk Nanggroe Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen] Text (Identifikasi Masalah Anak Di Panti Asuhan Aneuk Nanggroe Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen)
Lutviatul Riza, 170402124.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Proses tumbuh kembang seorang anak menjadi dewasa merupakan waktu yang sangat panjang, sehingga diperlukan bimbingan dan pengawasan yang maksimal. Sama halnya dengan anak-anak yang ada di panti asuhan. Oleh karena itu, panti asuhan memiliki peran dalam memberikan layanan kuratif dan rehabiatif, dimana memberikan layanan berupa bimbingan sebagai penanaman sikap-sikap pada seorang anak dan bimbingan keterampilan sebagai bekal dalam memaksimalkan keterampilan seorang anak serta bimbingan fisik dan mental. Adapun tujuan dalam penelitian ini yang pertama adalah mengidentifikasi masalah yang dihadapi anak panti dan program apa yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini merupa kan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Adapun metode dalam pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang pertama adalah bahwa permasalahan yang dialami oleh anak panti asuhan Aneuk Nanggroe dapat dikategorikan, yaitu penyesuaian diri terhadap lingkungan, adanya konflik/pertengkaran antara mereka, dan merasa kesulitan berada di panti asuhan karena peraturan yang ada di panti asuhan. Yang kedua adapun program yang dilakukan oleh panti asuhan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah program perkumpulan dua kali dalam seminggu sebagai usaha untuk menjalin keakraban, dan juga ada program pengajian yang dilakukan pada siang atau malam untuk mengkaji keislaman guna untuk menanamkan moral terhadap mereka sehingga dapat mengurangi konflik antara mereka, selanjutnya program yang perlu ditambah adalah bergotong royong yang dilakukan seminggu sekali guna untuk menjalin keakraban, saling membantu dan juga menerapkan nilai kebersihan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lutviatul Riza Lutvia
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:03
Last Modified: 01 Dec 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33990

Actions (login required)

View Item
View Item