Kiprah Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pencapaian Karier Di Kota Banda Aceh

Yolanda Natasya Putri, 180402116 (2023) Kiprah Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pencapaian Karier Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kiprah Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pencapaian Karier Di Kota Banda Aceh] Text (Kiprah Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Dalam Pencapaian Karier Di Kota Banda Aceh)
Yolanda Natasya Putri, 180402116, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kiprah alumni Bimbingan dan konseling Islam belum terekam dengan baik dalam pencapaian kariernya, selain kegelisahan penulis ini juga menjadi kegelisahan tersendiri bagi para mahasiswa dalam menentukan arah kariernya kedepan, dengan keberadaan alumni diberbagai dunia kerja dapat menjadi salah satu kontribusi dalam memajukan perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kiprah alumni dengan berbagai posisi serta jabatan dan juga hambatan yang dialami alumni dalam pencapaian kariernya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif analisis dengan 21 sampel alumni yang berkiprah di Kota Banda Aceh dalam pencapaian karier menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Dapat dikatakan posisi dan jabatan beberapa alumni dari 21 alumni yang di wawancarai peneliti mendapati bahwa dari hasil wawancara rata-rata alumni berkiprah sebagai dosen atau pengajar, beberapa alumni dari letting tertentu belum mencapai posisi dan jabatan kerja yang diinginkankan, melainkan ada bebepa alumni masih didalam proses mencapai karier yang lebih matang. Dari hasil wawancara, penulis melihat posisi pekerjaan yang di geluti alumni memiliki hubungan erat dengan minat dan bakat, hal ini juga sesuai dengan yang dikemukakan oleh Agoes Dario dan Dewa Ketut Sukardi. Berdasarkan hasil penelitian dari 21 alumni, peneliti dapat mendeskripsikan bahwa sebagian besar dari alumni yang diwawancarai dalam proses pencapaian kariernya mereka memiliki perencanaan karier, salah satunya dengan mengembangkan bakat dan minatnya secara optimal. Secara garis besar dapat di rangkum bahwa dalam tujuan mengantisipasi kegagalan pada proses pencapaian karier, alumni memberi pernyataan untuk tetap taat peraturan, tidak berfokus pada satu bidang pekerjaan, belajar dari pengalaman dan memperbanyak kompetensi seperti softskill, serta kemampuan-kemampuan lainnya sesuai bakat dan minat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yolanda Natasya Putri
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:06
Last Modified: 04 Dec 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item
View Item