Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar˗raniry Banda Aceh

Aldatun Jannah, 170208044 (2023) Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar˗raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar˗raniry Banda Aceh] Text (Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar˗raniry Banda Aceh)
Aldatun Jannah, 170208044, FTK, PKM .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan praktikum kimia dasar berbasis web pada materi kimia dasar di Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dilatar belakangi oleh terhambatnya pelaksanaan kegiatan praktikum di laboratorium pada saat pandemi Covid19 dan belum tersedianya media praktikum online untuk mahasiswa. Salah satu mata kuliah yang memerlukan media pendukung praktikum adalah Praktikum Kimia Dasar I dan II. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengembangan praktikum berbasis web pada materi kimia dasar di Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan kimia sebanyan 27 orang. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, validasi, dan penyebaran angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli media, materi, dan bahasa terhadap media praktikum kimia berbasis web diperoleh presentase 83,55% dengan kriteria “Layak”. Hasil uji coba mahasiswa diperoleh presentase respon sebanyak 90,74% dengan kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media praktikum kimia berbasis web pada materi kimia dasar dinilai sangat praktis untuk diterapkan sebagai media pembelajaran praktikum kimia dasar I dan II di Laboratorium Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Aldatun Jannah
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:09
Last Modified: 04 Dec 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33999

Actions (login required)

View Item
View Item