Implementasi Media Teka-Teki Silang Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh

Ahdaniya, 190213002 (2023) Implementasi Media Teka-Teki Silang Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Media Teka-Teki Silang Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh] Text (Implementasi Media Teka-Teki Silang Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh)
Ahdaniya, 190213002, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kurangnya motivasi belajar adalah hambatan mendasar yang menghalangi seseorang terlibat aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan mengatasi masalah motivasi belajar rendah pada sejumlah siswa. Tujuannya mengetahui perbedaan dalam mengimplementasikan media teka-teki silang melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pre test-Post test. Populasi penelitian terdiri dari 37 siswa kelas XI, dari hasil pre-test di dapatkan sampel berjumlah 5 orang yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dalam bentuk rating scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengimplementasikan media teka-teki silang melalui bimbingan kelompok di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh. Perubahan dapat dilihat melalui skor rata-rata pre-test yaitu 78.20 menjadi 104.60 pada rata-rata skor post-test dan selisih diantara skor pre test-post test adalah 26.40. Hal ini menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikan treatment berupa implementasi media teka-teki silang melalui bimbingan kelompok di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi media teka-teki silang melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAIT Al-Fityan Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Media Teka-Teki Silang, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ahdaniya Ahdaniya
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:18
Last Modified: 06 Dec 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item
View Item