Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah Kemukiman Tungkop Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Anuar Pesi, 160602091 (2023) Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah Kemukiman Tungkop Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah Kemukiman Tungkop Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah Kemukiman Tungkop Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
anuar pesi (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Harta wakaf dan pengelolaan wakaf akan terkelola dengan baik apabila memiliki manajemen pengelolaan wakaf yang profesional, begitupun halnya harta wakaf yang dikelelola oleh masjid salah satunya pengelolaan wakaf di masjid Tungkop.Oleh karena itu, Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengelolaan wakaf produktif dan untuk mengetahui manajemen pengelolaan hasil wakaf produktif di Jamik Masjid Baitul Jannah Kemukiman Tungkop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melallui wawancara.Berdasarkan penelitian ini maka diketahui bahwa: 1) Manajemen pengelolaan wakaf produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah kemukiman Tungkop berjalan baik dengan menjalankan seluruh tahapan manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, pengkoordinasian, dan kontrol. Seluruh tahap ini berjalan dengan baik sehingga seluruh harta wakaf yang dimiliki memberikan hasil dan mamfaat bagi masjid sesuai dengan niat pewakaf. 2) Manajemen pengelolaan hasil wakaf produktif di Masjid Jamik Baitul Jannah kemukiman Tungkop dilaksanakan dengan baik dengan mengikuti standar umum dan mengedapankan asas transparansi. Hasil yang diperoleh dari pengelolaan harta wakaf masih digunakan secara komsumtif karena masjid masih dalam tahap pembangunan yang membutuhkan banyak biaya. Hasil pengelolaan wakaf produktif belum diinvestasikan dalam bentuk lain. 3) Harta wakaf Masjid Jamik Baitul Jannah kemukiman Tungkop adalah wakaf produktif karena harta tersebut memberikan hasil terhadap masjid dan semua harta wakaf tersebut digarap (tidak menganggur).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Anuar Pesi Anuar
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:49
Last Modified: 06 Dec 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34017

Actions (login required)

View Item
View Item