Efektivitas APE Kotak Sortasi Geometri dalam Pengenalan Bentuk Geometri di TK Dharma Wanita Aceh Selatan

Ultarial Rahmi, 190210070 (2023) Efektivitas APE Kotak Sortasi Geometri dalam Pengenalan Bentuk Geometri di TK Dharma Wanita Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas APE Kotak Sortasi Geometri dalam Pengenalan  Bentuk Geometri di TK Dharma Wanita Aceh Selatan] Text (Efektivitas APE Kotak Sortasi Geometri dalam Pengenalan Bentuk Geometri di TK Dharma Wanita Aceh Selatan)
Ultarial Rahmi_190210070 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pemahaman anak dalam mengenal bentuk geometri masih tergolong rendah. Salah satu faktornya adalah keterbatasan APE yang mendukung pembelajaran, sehingga guru hanya memberikan pertanyaan sederhana dan menggambarkan bentuk geometri dipapan tulis. Seharusnya anak usia 5-6 tahun sudah mampu mengklasifikasikan bentuk, menyelidiki bangunan, mengukur, menyesuaikan benda kedalam bentuk, warna, dan ukuran yang sama. APE Kotak Sortasi Geometri menjadi salah satu APE pendukung pembelajaran, anak dapat mengenal, mengelompokkan, dan menyebutkan nama bentuk geometri dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah APE Kotak Sortasi Geometri Efektif dalam pengenalan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Pre-Eksperimental dengan desain One grouppre-testposttestdesign. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B, dengan menggunakan teknik total sampling berjumlah 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji normalitas, uji-t, dan uji hipotesis, APE Kotak Sortasi Geometri Efektif dalam mengenalkan bentuk geometri pada anak, nilai thitung>ttabel16.66 > 1.761 sehingga hipotesis alternatif Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa APE Kotak Sortasi Geometri Efektif dalam pengenalan bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ultarial Rahmi Ultarial
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:00
Last Modified: 06 Dec 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34022

Actions (login required)

View Item
View Item