Sikap Toleransi Siswa Beda Agama Studi Kasus SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara

Sudaryadi K., 160305017 (2023) Sikap Toleransi Siswa Beda Agama Studi Kasus SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Sikap Toleransi Siswa Beda Agama Studi Kasus SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara] Text (Sikap Toleransi Siswa Beda Agama Studi Kasus SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara)
Sudaryadi K, 160305017, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Sikap toleransi beda agama di sekolah lembaga pendidikan formal, yang menerima siswa dengan latar belakang agama yang berbeda-beda. Mengembangkan sikap toleransi beragama bisa dilakukan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana bentuk sikap toleransi dalam Beragama di SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara, dan bagaimana Implikasi sikap toleransi antar siswa terhadap pelaksanaan ibadah.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, Observasi dan Dokumentasi di SMA Negeri 1 Kutacane Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap toleransi beragama bisa dilakukan dalam proses pembelajaran, guru harus menghindari pandangan atau sindiran negatif pada agama lain. senantiasa bersikap hormat ketika membicarakan agama lain. Siswa mengembangkan sikap menghormati dan bekerjasama antar siswa beda agama. Implikasi sikap toleransi yaitu siswa bisa terbuka dalam mempelajari keyakinan dan pandangan orang lain, bekomunikasi baik dalam memahami satu sama lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Sudaryadi. K Sudaryadi
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:14
Last Modified: 07 Dec 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item
View Item