Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Penerapan Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh

Siti Zalikha, 261121442 (2016) Pengaruh Pendekatan Problem Solving terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Penerapan Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendekatan Problem Solving]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendekatan Problem Solving)
SITI ZALIKHA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN D.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang wajib dipelajari oleh siswa disemua jenjang pendidikan. Hal ini disebabkan karena matematika memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia yaitu sebagai sarana pemecahan masalah yang dialami oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk dapat menyelesaikan masalah dengan benar siswa dituntut untuk memiliki kemampuan berfikir kreatif. Kemampuan berfikir kreatif dalam pembelajaran matematika dapat terwujud apabila guru menerapkan model yang sesuai dengan materi matematika. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan agar siswa dapat menggunakan kemampuan berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika adalah pendekatan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kemampuan berfikir kreatif siswa dengan pendekatan problem solving pada materi Pythagoras lebih baik daripada tanpa menggunakan pendekatan problem solving. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yaitu quasi eksperimental dengan jenis “Pre-test-Post-test Control-Group Desain”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan kelas VIII-3 yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Dengan menggunakan uji-t diperoleh signifikan 0,0365 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa yang belajar dengan pendekatan problem solving lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung. Berdasarkan deskripsi kemampuan berfikir kreatif siswa terlihat peningkatan disetiap indikatornya yaitu 1) kemampuan memberikan jawaban lebih dari satu cara dari yang sebelumnya 23% meningkat menjadi 62%; 2) kemampuan memberikan jawaban dengan cara yang berbeda dari yang sebelumnya 30% meningkat menjadi 41%; 3) kemampuan memberikan jawaban dengan cara yang tidak biasa dari yang sebelumnya 33% meningkat menjadi 52%; 4) kemampuan memberikan jawaban dengan proses secara rinci dari yang sebelumnya 22% meningkat menjadi 50%. Maka dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan problem solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd; 2. Susanti S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Berfikir Kreatif, Pendekatan Problem Solving
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Zalikha
Date Deposited: 10 Apr 2018 03:07
Last Modified: 10 Apr 2018 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item
View Item