Permainan Geudeu-Geudeu Pasca Panen Dalam Masyarakat Pidie Sebagai Warisan Budaya Aceh

Heri Maulana, 170501011 (2022) Permainan Geudeu-Geudeu Pasca Panen Dalam Masyarakat Pidie Sebagai Warisan Budaya Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Permainan Geudeu-Geudeu Pasca Panen Dalam Masyarakat Pidie Sebagai Warisan Budaya Aceh] Text (Permainan Geudeu-Geudeu Pasca Panen Dalam Masyarakat Pidie Sebagai Warisan Budaya Aceh)
SKRIPSI REAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Asal usul permainan geudeu-geudeu yaitu ada seorang Raja yang beragama Kristen namanya Raja Sujud yaitu raja dari luar Aceh yang melakukan perjalanannya keseluruh Aceh dan berupaya ingin menguasai wilayah yang di kunjunginya dengan kekebalan tubuh yang tidak mempan dibunuh dengan rencong, parang maupun senjata api. Kemudian Raja Malem Dagang yang membunuh Raja Sujud dengan cara membanting ketanah dan membuka paksa mulutnya dan menuangkan timah. Cara tersebut kemudian diberi nama oleh Raja Malem Dagang dengan Geudeu-geudeu, karena seperti namanya geudeu-geudeu yang berarti geudu. Nilai yang terkandung dalam permainan geudeu-geudeu tersebut diantaranya: Rasa Tanggung Jawab yaitu melatih ketangkasan, untuk para pelaku permainan harus memiliki rasa tanggung jawab dalam bermain untuk mendapatkan suatu kemenangan-kemenangan yang diperolehnya, Sifat, Jujur dan Sportif karena menggunakan metode adu fisik dalam mencapai kemenangan, tidak jarang terjadi suatu persaingan yang bersifat curang dan nakal dalam memperoleh suatu kemenangan.
Masyarakat berharap kepada pemerintah terhadap permainan geudeu-geudeu ini ialah apabila pemerintah sendiri bersedia menyediakan bantuan atau dana operasional untuk tiap-tiap Gampong atau kecamatan dalam hal pelestarian adat budaya di Gampong tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Heri Maulana Heri
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:16
Last Modified: 07 Dec 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34032

Actions (login required)

View Item
View Item