Pengadaan Koleksi Agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara

Ainun Nisa’ Amini, 170503037 (2022) Pengadaan Koleksi Agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengadaan Koleksi Agama, Perpustakaan Umum , Aceh Tenggara] Text (Pengadaan Koleksi Agama, Perpustakaan Umum , Aceh Tenggara)
Ainun Nisa' Amini, 170503037, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengadaan Koleksi Agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kebijakan pengadaan koleksi bidang agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara dan bagaimana proses pengadaan koleksi bidang agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adalah kebijakan pengadaan koleksi bidang agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara dan untuk mengetahui proses pengadaan koleksi bidang agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan, pustakawan bagian pengadaan, dan 1 pemustaka non Islam yang sering berkunjung ke perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum ada kebijakan tertulis baik secara umum maupun koleksi agama di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Tenggara, hal ini masih menjadi masukan kepada perpustakaan untuk membuat dan mengatur kebijakan tertulis yang ditetapkan di perpustakaan. Namun, pengadaan yang dilakukan pada tahun 2018 yang menjadi pengadaan terakhir dilakukan dengan menggunakan 2 metode, yaitu metode pembelian dan hadiah. Proses pengadaan koleksi yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara adalah dengan: pembelian dan hadiah / hibah. Sebelum proses pengadaan koleksi dilakukan, pustakawan mencari judul buku yang diinginkan pemustaka yang disesuaikan dengan kebutuhan informasi bagi pemustaka. Kendala yang dihadapi perpustakaan adalah minimnya pendanaan yang dialokasikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tenggara sehingga kegiatan pengadaan koleksi tidak diadakan dalam 5 tahun terakhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ainun Nisa` Amini Nisa
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:58
Last Modified: 07 Dec 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34033

Actions (login required)

View Item
View Item