Kerativitas Komunitas Adt Reuse Product Dalam Memanfaatkan Sampah Sachet Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh

Ibnu Hadist Andhika, 190404058 (2023) Kerativitas Komunitas Adt Reuse Product Dalam Memanfaatkan Sampah Sachet Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kerativitas Komunitas Adt Reuse Product Dalam Memanfaatkan Sampah Sachet Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh] Text (Kerativitas Komunitas Adt Reuse Product Dalam Memanfaatkan Sampah Sachet Di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh)
Ibnu Hadist Andhika, 190404058, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kreativitas Komunitas ADT Reuse Product Dalam Memanfaatkan Sampah Sachet di Gampong Alue Deah Teungoh Kota Banda Aceh. Di Alue Deah Teungoh berdiri sebuah komunitas daur ulang sampah yang bernama ADT Reuse Product. Komunitas ini peduli dengan pengelolaan sampah berkelanjutan. Komunitas daur ulang sampah kebanyakan mengelola sampah yang mempunyai nilai kegunaan paling besar seperti botol dan plastic. Namun berbeda dengan komunitas ADT Reuse yang memanfaatkan sampah sachet. Komunitas ADT Reuse Product dengan kreativitasnya memanfaatkan sampah sachet untuk di daur ulang menjadi kerajinan berupa tas, dompat dan kotak pensil. Kreativitas adalah keahlian untuk membuat ide-ide baru dan menemukan metode-metode baru dalam melihat suatu masalah dan peluang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat Bagaimana kreativitas yang dilakukan komunitas ADT Reuse Product dalam pemanfaatan dan pengelolaan sampah sachet. (2) Bentuk inovasi yang dilakukan komunitas ADT Reuse Product dalam memanfaatkan sampah sachet dan (3) Bagaimana relasi dan kerjasama sosial sesama anggota komunitas ADT Reuse Product dalam pemanfaatan sampah sachet . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Kreativitas yang dilakukan komunitas ADT Reuse Product dalam pemanfaatan dan pengelolan sampah sachet diantaranya melakukan pemilahan, penggunaan ulang, melakukan edukasi lingkungan dan menciptakan ekonomi kreatif. Bentuk inovasi yang dilakukan komunitas ADT Reuse Product dalam memanfaatkan sampah sachet dengan melakukan desain kreatif menggunakan sampah sachet mengkilap, penggabungan material, dan meciptakan produk ramah lingkungan. Kemudian Relasi dan kerjasama sosial sesama anggota komuntas ADT Reuse Product dalam pemanfaatan sampah sachet yaitu adanya keterlibatan internal/eksternal komunikasi efektif antar sesama anggota dan komunitas melalukan evaluasi bersama guna meningkatkan kinerja komunitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ibnu Hadist Andhika
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:40
Last Modified: 07 Dec 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34034

Actions (login required)

View Item
View Item