Pengaruh Dana Otonomi Khusus dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Kemiskinan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah di Kabupaten/Kota Provinsi Aceh Tahun 2017-2021

Citra Pujianita Adinda, 190602127 (2023) Pengaruh Dana Otonomi Khusus dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Terhadap Kemiskinan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah di Kabupaten/Kota Provinsi Aceh Tahun 2017-2021. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Citra Pujianita Adinda.pdf] Text
Citra Pujianita Adinda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang berkembang tak lepas dari problematika kemiskinan yang melanda. Pengalokasian dana otonomi khusus dan pemerataan pendidikan masyarakat diharapkan menjadi beberapa solusi terhadap permasalahan kemiskinan khususnya di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana otonomi khusus dan tingkat pendidikan masyarakat terhadap kemiskinan menurut perspektif ekonomi syariah di Provinsi Aceh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dana otonomi khusus dan tingkat pendidikan secara bersama-sama atau simultan memiliki pengaruh terhadap kemiskinan. Variabel dana otonomi khusus berhubungan positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten/kota Provinsi Aceh sedangkan tingkat pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Citra Pujianita Adinda Citra
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:23
Last Modified: 14 Dec 2023 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34035

Actions (login required)

View Item
View Item