Keanekaragaman Spesies Aves Ordo Columbiformes di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya

Umruul Azkia, 180703003 (2023) Keanekaragaman Spesies Aves Ordo Columbiformes di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Spesies Aves Ordo Columbiformes di  Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya] Text (Keanekaragaman Spesies Aves Ordo Columbiformes di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya)
BioFST Skripsi Umruul Azkia Wisuda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kawasan Conservation Response Unit (CRU) Sampoiniet adalah unit reaksi pertama Aceh untuk perlindungan gajah. Kabupaten Aceh Jaya dipilih sebagai lokasi pertama didirikannya CRU. Lokasinya adalah Desa Ie Jeureungeh di Kecamatan Sampoiniet, lokasi tersebut memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi baik tanaman maupun hewan terutama burung. Kehadiran burung sangat penting karena memiliki peran yang beragam, seperti pemecah biji, penyerbuk, predator hama dan pemangsa puncak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat keanekaragaman jenis burung ordo Colombiformes di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode point count, dengan jumlah titik pengamatan sebanyak 10 titik, sepanjang 2.000m dengan radius titik pengamatan 50 m dan analisi data digunakan rumus Shannon winner. Hasil penelitian dapat diketahui burung ordo Columbiformes yang ditemukan di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya didapatkan 6 jenis burung yaitu perkutut jawa (Geopelia striata), tekukur (Streptopelia chinensis), punai besar (Treron capellei), punai gading (Treron vernans), delimukan zamrud (Chalcophaps indica ), dan walik jambu (Ptilinopus jambu). Indeks keanekaragaman burung ordo Colombiformes di Kawasan Hutan CRU (Conservation Response Unit) Sampoiniet Aceh Jaya yaitu Ĥ=1,641723, maka dapat diketahui tingkat keanekaragaman burung ordo Columbiformes termasuk ke dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Umruul Azkia Umruul
Date Deposited: 07 Dec 2023 02:59
Last Modified: 07 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34037

Actions (login required)

View Item
View Item