Interaksi Sosial Beragama Non-Muslim Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Roni Maya Santri, 180305014 (2023) Interaksi Sosial Beragama Non-Muslim Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Interaksi Sosial Beragama Non-Muslim Di  Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues] Text (Interaksi Sosial Beragama Non-Muslim Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Roni Maya Santri, 180305014, FUF, SA 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Interaksi merupakan suatu keharusan bagi terwujudnya proses sosial dalam kehidupan manusia. Apabila interaksi terjadi berarti terjadilah komunikasi antar sesama meskipun berbeda agama. salah satu kecamatan yang berada di Gayo Lues yaitu Kecamatan Blangkejeren terdapat masyarakat yang berbeda agama dimana mayoritasnya agama islam dan minoritasnya beragama Kristen. dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (fieled research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis mencoba mengangkat persoalan interaksi sosial beragama non-muslim di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Interaksi antara umat Islam dan Kristen di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues berlangsung dengan baik. Interaksi yang sering terjadi antara muslim dan Kristen di pasar pada saat transaksi jual beli dan saat ada upacara adat seperti perkawinan. Dan interaksi sosial antar umat beragama di Blangkejeren dipengaruhi beberapa faktor: faktor sosial seperti melaksanakan kegiatan gotong royong, faktor budaya seperti masyarakat Kristen ikut mengembangkan salah satu budaya Gayo yaitu tari saman, dan faktor pernikahan dimana salah satu masyarakat muslim yang menikah dengan orang Kristen dan berpindah agama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Beragama, Non-muslim
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Roni Maya Santri
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:26
Last Modified: 08 Dec 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34040

Actions (login required)

View Item
View Item