Strategi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya Dalam Penanganan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Di Kecamatan Tadu Raya

M. Syahrul Ramadhan, 180802028 (2023) Strategi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya Dalam Penanganan Limbah Pabrik Kelapa Sawit Di Kecamatan Tadu Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi,  Dinas  Lingkungan  Hidup,  Pencemaran  Limbah, Lingkungan.] Text (Strategi, Dinas Lingkungan Hidup, Pencemaran Limbah, Lingkungan.)
M. Syahrul Ramadhan, 180802028, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pencemaran Limbah Kelapa Sawit merupakan bentuk pengrusakan ekosistem alam yang dapat mengancam kehidupan semua organisme, berpengaruh kedalam berbagai bidang seperti ekonomi, lingkungan dan kesehatan. Maka dari itu perlu kebijakan dan strategi khusus dalam upaya untuk pencegahan dan penanganan limbah pabrik kelapa sawit agar tidak mengancam ekosistem yang sudah terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat berbagai bentuk strategi dan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nagan Raya dalam menekan dan proses pencegahan maupun penangan limbah kelapa sawit di Kecamatan Tadu Raya, serta mengetahui faktor penghambat dalam penerapan strategi yang telah ada dan disusun sebelumnya oleh pemerintah dan Dinas Lingkungan Hidup. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif dengan pengumpulan data melalui mekanisme observasi, wawancara, dan analisis dokumen secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanganan limbah kelapa sawit dimulai dari penghentian kegiatan pencemaran dan perusakan lingkungan, selanjutnya pengamanan dan penyelamatan masyarakat, hewan dan tanaman, selanjutnya mengisolasi lokasi terjadinya pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup sehingga dampaknya tidak meluas atau menyebar, terakhir penaganan secara teknis media lingkungan hidup yang tercemar dan rusak. Dapat disimpulkan bahwa faktor pengambat dalam penerapan strategi dan kebijakan pencegahan dan penanganan limbah pabrik kelapa sawit disebabkan tidak maksimalnya kualitas SDM yang seharusnya memainkan peran penting dalam setiap strategi dan kebijakan yang telah disusun dan ditambah dengan kepatuhan pihak perusahan dalam pembuangan limbah yang terkadang belum sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: M. Syahrul Ramadhan Syahrul
Date Deposited: 08 Dec 2023 02:49
Last Modified: 08 Dec 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item
View Item