Strategi Yayasan Haka Dalam Program Pengembangan Kewarganegaraan Ekologis (Ecological Citizenship) (Studi Di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia)

Irda Dzulianda, 190404056 (2023) Strategi Yayasan Haka Dalam Program Pengembangan Kewarganegaraan Ekologis (Ecological Citizenship) (Studi Di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi Yayasan Haka Dalam Program Pengembangan Kewarganegaraan Ekologis (Ecological Citizenship) (Studi Di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia)] Text (Strategi Yayasan Haka Dalam Program Pengembangan Kewarganegaraan Ekologis (Ecological Citizenship) (Studi Di Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia))
Irda Dzulianda, 190404056, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Yayasan HAkA dalam mengembangkan pada masyarakat Desa Tenggulun. Strategi pengembangan kewarganegaraan ekologi (ecological citizenship) yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi strategi pendekatan dan implementasi program-program Yayasan HAkA dalam mengembangkan kewarganegaraan ekologi (ecological citizenship) terhadap masyarakat Tenggulun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan penelitian dilaksanakan secara purposive sampling, dengan menetapkan 6 informan yang memiliki kriteria sebagai pengurus Yayasan HAkA dan masyarakat yang terlibat aktif dalam kegiatan Yayasan HAkA. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pengembangan kewarganegaraan ekologi (ecological citizenship) diwujudkan melalui strategi pendekatan, pembentukan tim, program pemberdayaan ekonomi hijau (ecogreen) dan program pembinaan sekolah peduli lingkungan. (2) Hasil dari strategi pengembangan kewarganegaraan ekologi (ecological citizenship) pada masyarakat Tenggulun adalah terjalinnya hubungan yang baik antara masyarakat Tenggulun dan alam melalui kegiatan pemanfaatan limbah sawit (lidi) yang diolah menjadi produk bernilai jual, pengolahan pisang dan ubi menjadi tepung, serta pemanfaatan motif dari daun sebagai pewarna alami (ecoprint). Kesadaran dan kepedulian lingkungan memberikan dampak pada kehidupan masyarakat Tenggulun terutama dari segi kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat. Hal ini menunjukkan program-program yang dilaksanakan Yayasan HAkA telah berhasil dalam mengembangkan kewarganegaraan ekologi (ecological citizenship) pada masyarakat Tenggulun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Irda Dzulianda
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:24
Last Modified: 18 Dec 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34046

Actions (login required)

View Item
View Item