Perilaku Pencarian Informasi Literatur Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Model Ellis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi PBA Dan Prodi BSA)

Ria Fatmasari, 190503072 (2023) Perilaku Pencarian Informasi Literatur Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Model Ellis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi PBA Dan Prodi BSA). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Perilaku Pencarian Informasi Literatur Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Model Ellis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi PBA Dan Prodi BSA)] Text (Perilaku Pencarian Informasi Literatur Berbahasa Arab Dengan Menggunakan Model Ellis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi PBA Dan Prodi BSA))
Ria Fatmasari, 190503072, FAH, IP .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perilaku Pencarian Informasi Literatur Berbahasa Arab dengan Menggunakan Model Ellis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi PBA dan Prodi BSA)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana perilaku pencarian informasi literatur Berbahasa Arab di Perustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi literatur Berbahasa Arab yang dilakukan oleh Mahasiswa Prodi BSA dan Prodi PBA di Perpustakann UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Prodi PBA dan Prodi BSA selaku pengguna perpustakaan yang berjumlah 91 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Berdasarkan analisis data, menunjukkan bahwa perilaku pencarian informasi literatur berbahasa Arab dengan menggunakan model Ellis diperoleh nilai 3,14. Skor ini berada pada interval 2,52 – 3,27 yang menunjukkan bahwa perilaku “positif”. Hal ini didasari dari nilai rata-rata kelima indikator perilaku pencarian informasi; Pertama, Differentiating (pemilahan) diperoleh nilai positif dengan nilai rata-rata 3,25. Kedua, Chaining (kutipan-kutipan)diperoleh nilai positif dengan nilai rata-rata 3,18. Ketiga, Extracting (memeriksa kembali) diperoleh dengan nilai positif dengan nilai rata-rata 3,16. Keempat, Starting (memulai) diperoleh nilai positif dengan nilai rata-rata 3,08. Kelima, Browsing (penelususran/menelusuri) diperoleh nilai positif dengan nilai rata-rata 3,04. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perilaku pencarian informasi literatur berbahasa Arab dengan menggunakan model Ellis (studi kasus pada mahasiswa prodi pba dan prodi bsa) ada di tahap differentiating (pemilahan). Sedangkan untuk tahap browsing (menelususri atau penelusuran) masih rendah, sehingga koleksi yang dicari sulit ditemukan bahkan tidak tersedia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Ria Fatmasari
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:56
Last Modified: 12 Dec 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34050

Actions (login required)

View Item
View Item