Aktualisasi Program Penguatan Moderasi Beragama pada MAN 4 Aceh Besar

Ressy Kurniasari, 190201162 (2023) Aktualisasi Program Penguatan Moderasi Beragama pada MAN 4 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktualisasi Program Penguatan Moderasi Beragama pada  MAN 4 Aceh Besar] Text (Aktualisasi Program Penguatan Moderasi Beragama pada MAN 4 Aceh Besar)
Ressy Kurniasari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia dengan banyak keanekaragaman yang dimiliki baik dalam hal agama, suku, budaya, bahasa maupun sosial. Keragaman hal ini menyebabkan begitu banyak perbedaan-perbedaan pada masyarakat Indonesia. Dengan adanya perbedaan ini bisa menjadi suatu faktor yang dapat menimbulkan perpecahan, maka dari pada itu moderasi beragama hadir untuk menyeimbangkan kondisi tersebut. Melalui program moderasi beragama lembaga pendidikan menjadi tempat untuk penanaman dan penerapan nilai-nilai moderasi beragama sehingga menghasilkan generasi-generasi yang moderat baik dalam sikap maupun pemikiran di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang pemahaman dan kesadaran moderasi beragama peserta didik pada MAN 4 Aceh Besar. Kemudian untuk mengetahui program penguatan moderasi beragama pada MAN 4 Aceh Besar serta faktor pendukung dan penghambat program penguatan moderasi beragama pada MAN 4 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman dan kesadaran moderasi beragama peserta didik pada MAN 4 Aceh Besar berada pada 80,8% dalam kategori baik. Program penguatan moderasi beragama dilakukan melalui materi ajar maupun proses pembelajaran dimaksimalkan dalam semua kegiatan madrasah baik intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Selanjutnya dukungan yang bersifat moral maupun materi menjadi faktor pendukung keberhasilan program sedangkan faktor penghambat bisa berasal dari lingkup internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ressy Kurniasari Ressy
Date Deposited: 12 Dec 2023 03:15
Last Modified: 12 Dec 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34054

Actions (login required)

View Item
View Item