Orang Dengan Gangguan Jiwa: Analisis Pennyebab Dan Sikap Masyarakat di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh

Maulidiya Agustina, 190405035 (2023) Orang Dengan Gangguan Jiwa: Analisis Pennyebab Dan Sikap Masyarakat di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Sikap Masyarakat Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa] Text (Membahas tentang Sikap Masyarakat Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa)
SKRIPSI MOLLY FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Gangguan jiwa merupakan suatu kondisi dimana seorang individu mengalami gangguan pada prilaku, pikiran dan perasaanya yang terwujud dalam sekumpulan gejala atau perubahan prilaku yang bermakna, dimana dapat menimbulkan hambatan dan penderitaan dalam menjalakan fungsi sebagai manusia. gangguan jiwa bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak,orang dewasa bahkan orang lanjut usia. Adapun penyebab gangguan jiwa berasal dari faktor-faktor biologis, sosiokultural dan psikologik. Ditengah masyarakat,orang dengan gangguan jiwa masih menjadi suatu permasalahan dimana tindakan-tindakan yang diberikan oleh penderita gangguan jiwa dapat membuat masyarakat kurang nyaman, sehingga masyarakat memberikan berbagai sikap terhadap orang dengan gangguan jiwa. Seperti yang terjadi dikecamatan Banda Raya tepatnya di Gampong Lamlagang dimana terdapat beberapa, orang dengan gangguan jiwa yang menggangu masyarakat disana sehingga beberapa masyarakat pada kecamatan Banda Raya tepatnya di Gampong Lamlagang memberikan berbagai macam sikap terhadap, orang dengan gangguan jiwa tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Faktor apa saja yang menjadi penyebab dari penderita gangguan jiwa dan bagaimana sikap masyarakat terhadap orang dengan gangguan jiwa di kecamatan Banda Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa faktor penyabab gangguan jiwa dikecamatan Banda Raya Gampong Lamlagang di sebabkan oleh kombinasi beberapa faktor yaitu biologis, sosiokultural, dan psikologik. Adapun sikap yang tunjukkan oleh masyrakat dikecamatan Banda Raya Gampong Lamlagang terhadap orang dengan gangguan jiwa ialah ada yang memberikan penolakan dan ada yang biasa-biasa saja namun masih dapat menerima orang dengan gangguan jiwa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Maulidiya Agustina Maulidiya
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:28
Last Modified: 14 Dec 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item
View Item