Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah

Cut Maylan Azima, 190603116 (2023) Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah] Text (Analisis Manajemen Risiko Pembiayaan Musyarakah Mutanaqisah Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah)
Cut Maylan Azima, 190603116, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan manajemen risiko pembiyaan musyarakah mutanaqishah, pada Bank Aceh Syariah Kota Banda Aceh. Data dikumpulkan dari pihak informan. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian untuk memahami fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan menciptakan gambaran yang menyeluruh dan kompleks yang dapat disajikan dengan kata-kata, melaporkan pandangan terinci yang diperoleh dari sumber informan, serta dilakukan dalam latar setting yang alamiah dalam penelitian ini, peneliti menggunakan data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung oleh peneliti melalui teknik wawancara terhadap para informan. Analisis data merupakan pengolahan data yang akan menghasilkan data yang baru dan dapat menjelaskan kepada orang lain,secara tepat dan mudah dipahami, ada beberapa hal yang harus dilakukan menggunakan tiga jalur dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data Sekunder adalah sumber data yang berupa pendapat hukum/ doktrin – doktrin/ teori – teori yang diperoleh dari literartur hukum, hasil penelitian, artikel ilmiah, maupun website yang terkait dengan penelitian tersebut. Hasil penelitian mengungkapkan ada beberapa cara dalam melakukan penerapan manajemen risiko pembiayaan musyarakah mutanaqisah yaitu: Identifikasi Risiko, Pengendalian Risiko, Monitoring, dan kontroling terhadap risiko-risiko yang ada pada produk Bank.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Maylan Azima Cut
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:16
Last Modified: 14 Dec 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item
View Item