Iwatul Husna, 190201140 (2023) Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Islam Terpadu Insan Madani Meukek Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Strategi Guru PAI Dalam Pembinaan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Islam Terpadu Insan Madani Meukek Aceh Selatan]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Iwatul Husna, 190201140, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Strategi pembinaan merupakan cara yang dilakukan guru agar siswa mempunyai ketertarikan dalam hal komunikasi, dan supaya komunikasi yang mereka gunakan berjalan efektif. Ditambah lagi komunikasi yang harus terus terjalin antara guru dan siswa sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan komunikasi interpersonal siswa SMP IT Insan Madani Meukek kabupaten Aceh Selatan? (2) Apa faktor penghambat pembinaan komunikasi interpersonal siswa? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 4 orang guru dan kepala sekolah, dan 10 orang siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa srategi komunikasi yang dilakukan guru PAI antara lain melalui strategi pendekatan personal, belajar kelompok, berinteraksi dengan orang tua siswa dan menjadi komunikator yang baik. Hal ini didasarkan atas kondisi dan kesiapan siswa sendiri dalam berkomunikasi. Tugas guru bukan hanya mentransfer ilmu tetapi juga menjadi pengayom yang handal. Jika strategi ini berjalan dengan baik, maka pembelajaran juga berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambat pembinaan komunikasi interpersonal terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal itu berkaitan dari dalam diri, seperti guru kelelahan karena terlalu banyak jam mengajar, dan siswa tidak bisa menerima komunikasi dengan baik jika dia sakit atau mengalami keterbatasan pendengaran atau yang lainnya, hal ini juga menjadi salah satu tantangan guru terhadap proses pembelajaran. Kemudian faktor eksternal yaitu yang berasal dari luar, misalnya keributan yang terjadi saat pembinaan berlangsung, kebisingan tersebut ada yang berasal dari siswa maupun suara kendaraan dari luar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iwatul Husna |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 02:45 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 02:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34084 |