Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Berbicara Untuk Tingkat Pemula Kelas VII MTs Pondok Pesantren Raudhatul Islam Prapat Tinggi Kutacane Aceh Tenggara

Anshari Al Ghifrani K, 211004007 (2023) Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Berbicara Untuk Tingkat Pemula Kelas VII MTs Pondok Pesantren Raudhatul Islam Prapat Tinggi Kutacane Aceh Tenggara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Berbicara] Text (Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Berbicara)
Tesis - Anshari Al Ghifrani K - 211004007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pesantren Raudhatul Islam merupakan salah satu lembaga pendidikan yang peduli terhadap pengajaran bahasa Arab, dan hal tersebut dibuktikan dengan melatih keempat keterampilan tersebut, khususnya pada keterampilan berbicara atau percakapan. Untuk itu Pesantren Raudhatul Islam memerlukan sebuah buku khusus yang memuat bahan ajar percakapan agar mereka dapat merujuk dan mengambil manfaat dalam proses pembelajaran di dalam maupun luar kelas. Berdasarkan hal tersebut, peneliti dalam penelitiannya mencoba mengembangkan mata pelajaran keterampilan berbicara untuk tingkatan dasar pada kelas tujuh di Pondok Pesantren Raudhatul Islam Prapat Tinggi Kutacane Aceh Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development, dan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, tes dan dokumen tertulis. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus uji-t. Sedangkan dalam pengembangan bahan ajar ini peneliti memakai metode Borg and Gall. Penelitian ini berbentuk buku pelajaran untuk guru dan siswa. Dalam penyusunannya, peneliti menganalisis kebutuhan melalui wawancara dengan guru dan siswa kelas VII di MTs Ponpes Raudhatul Islam Prapat Tinggi Kutacane Aceh Tenggara. Peneliti memilih materi, kosakata, latihan, dan metode pengajaran yang sesuai, dan dalam menyajikan materi tersebut, peneliti menggunakan warna dan gambar yang berbeda. Materi-materi tersebut juga mengarah pada pengembangan kompetensi siswa dalam mempelajari bahasa Arab, khususnya dalam keterampilan berbicara. Hal ini terbukti dengan adanya hasil evaluasi. Adapun bahan ajar yang dikembangkan pada mata pelajaran keterampilan berbicara memperoleh nilai baik yaitu efektif, karena hasil evaluasi ahli memperoleh nilai 83,70%, dan hasil evaluasi guru memperoleh 85%, dan hasil pre-test sebesar 76,97% dan post-test sebesar 85,50% yang menunjukkan perbedaan, dan hasil respon siswa memperoleh nilai sangat baik sebesar 91%. Kita tahu bahwa buku pendidikan yang dikembangkan ini efektif bagi guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anshari Al Ghifrani K Anshari
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:41
Last Modified: 15 Dec 2023 07:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34086

Actions (login required)

View Item
View Item