Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar

Rasyidah Hanum, 201325158 (2017) Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 13 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
RASYIDAH HANUM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena banyaknya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada pembelajaran IPA. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah siswa kurang aktif dan Kurangnya penggunaan model atau media pembelajaran oleh guru di sekolah. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian berbentuk eksprimen dengan menerapkan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IVMIN 13 Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan desain one group Pre-test-Post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test) berupa soal pilihan ganda. Sebelum soal tes digunakan dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal tersebut. Uji coba instrument dilakukan pada kelas V MIN 13 Aceh Besar. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang telah menggunakan model discovery learning (80,80) lebih tinggi, dari pada nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan model discovery learning (79,14). Hal ini juga dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning, dengan Kompetensi Dasar menjelaskan macam-macam sumber energi. Hasil analisis data diperoleh nilai hasil thitung = 5,71 kemudian dicari ttabel dengan dk = (n1 + n2 – 2), dk = (28 + 28 – 2) = 54 pada taraf signifikan α = 0,05 maka dari tabel distribusi t diperoleh nilai t(0,95) (54) = 1,67 karena thitung > ttabel yaitu 5,71 > 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 13 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Azhar, M.Pd; 2. Misbahul Jannah, M. Pd, Ph. D
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasyidah Hanum
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:26
Last Modified: 10 Apr 2018 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item
TOP