Fenomena Rentenir Dalam Kehidupan Sosial Di Masyarakat Desa Ladang Baro Kecamatan Panga Aceh Jaya

Meli Farsiah, 180305010 (2023) Fenomena Rentenir Dalam Kehidupan Sosial Di Masyarakat Desa Ladang Baro Kecamatan Panga Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Meli Farsiah, 180305010 (2023).pdf] Text
Meli Farsiah, 180305010 (2023).pdf

Download (3MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang Fenomena Rentenir Dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Ladang Baro Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Rentenir merupakan suatu perbuatan yang melangar hukum Islam dan juga dianggap tidak baik dalam kehidupan sosial masyarakat. Namun, praktik tersebut masih terdapat dalam lingkungan masyarakat Kecamatan Panga yang umumnya berada di wilayah Syariat Islam. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui praktik rentenir dalam masyarakat dan untuk mengetahui bagaimana dampak yang disebabkan oleh rentenir terhadap kehidupan sosial masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif, metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentas, teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif yaitu dengan cara mengambarkan secara sisitematis mengenai data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat sudah mengetahui dengan baik apa yang dimaksud dengan rentenir serta bahaya dan ruginya berhutang pada rentenir serta hukumnya terlarang dalam syariat Islam. Sebagian masyarakat tidak menyetujui dengan keberadaan rentenir tersebut, namun mereka tidak bisa menghentikannya karena masih ada orang yang memerlukan jasanya, walaupun Tokoh masyarakat dalam desa Ladang Baro sudah memberitahukan bahwa mengambil uang dari rentenir yang mengunakan bunga itu adalah riba dan hukumnya haram. Namun masyarakat masih saja menggunkan jasa tersebut dengan mengatasnamakan keperluan yang mendesak dan harus di penuhi.
Keywords: rentenir, riba, sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 201 Mitologi Agama
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.3 Interaksi sosial dalam kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Meli Farsiah
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:31
Last Modified: 15 Dec 2023 07:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item
View Item