Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Pemanfaatan Multimedia Komputer pada Tema Sehat itu Penting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 41 Aceh Besar

Meti Lestari, 201325165 (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Pemanfaatan Multimedia Komputer pada Tema Sehat itu Penting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 41 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendekatan Pembelajaran; Media]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendekatan Pembelajaran; Media)
METI LESTARI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini masih kurang memberikan perhatian terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil observasi kelas V MIN 41 Aceh Besar menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada kegiatan belajar-mengajar seperti guru masih kurang tepat dalam memilih pendekatan pembelajaran, dan guru masih terbatas dalam mengembangkan atau menggunakan media pembelajaran, seperti menggunakan komputer. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan jenuh dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pendekatan dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah pendekatan saintifik dan multimedia komputer. Penggunaan multimedia komputer dengan menggunakan pendekatan saintifik diyakini akan meningkatkan hasil belajar siswa, karena pembelajaran dengan menggunakan komputer akan memperkuat daya ingat siswa dalam menerima pesan lebih mudah dan tahan lama, membantu mempermudah memahami pesan, dapat lebih efektif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 41 Aceh Besar tentang rangka manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 41 Aceh Besar, objeknya adalah berupa kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pemanfaatan multimedia komputer. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru dan siswa, dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan mengaplikasikan pendekatan saintifik dengan pemanfaatan multimedia komputer untuk melihat keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa kelas V MIN 41 Aceh Besar meningkat setelah dilaksanakannya kegiatan belajar dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan pemanfaatan multimedia komputer. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 76,31% dalam kategori baik, siklus II meningkat dengan nilai 90% dalam kategori baik sekali, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 78,12% dalam kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66% berada dalam kategori baik sekali, (3) hasil tes siswa pada siklus I sebesar 68,75% meningkat pada siklus II menjadi 93,75% siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan saintifik dengan pemanfaatan multimedia komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 41 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saifullah, M. Ag; 2. Daniah, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Saintifik, Multimedia Komputer
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Meti Lestari
Date Deposited: 10 Apr 2018 08:15
Last Modified: 10 Apr 2018 08:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item
View Item